Apa itu Rekber / Rekening Bersama?

Bagi yang sudah sering melalukan transaksi online maupun jual beli online, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rekening Bersama, atau yang biasa disingkat menjadi Rekber.

Biasanya hal ini banyak ditemukan pada jual beli yang nominalnya tinggi (mahal). Seperti jual beli handphone, laptop, dan elektronik lainnya.

Kok bisa? Kenapa begitu? Why??

Nah, kita bahas dulu pengertian dari rekber itu sendiri.

 

Rekber adalah suatu instansi yang berperan sebagai perantara dalam terjadinya transaksi online. Sebenarnya rekber itu cuma istilah saja. Diluar negeri istilah ini dikenal dengan nama ESCROW SERVICE. Jadi kalau dagang online keluar negeri, pakenya istilah ini. Di Indonesia, istilahnya adalah REKBER.

Dalam hal ini, rekber berperan sebagai pihak ketiga dalam arah pergerakan uang antara pembeli dan penjual. Berarti, arah pergerakan uang yang semula dari pembeli langsung ke penjual kini diperantarai oleh rekber, agar penjual tidak langsung menerima uang dari pembeli. Setelah produk diterima dan disetujui oleh si pembeli, maka rekber yang akan mengirimkan uangnya ke penjual.

 

Masih bingung? Nih coba langsung lihat gambarannya aja biar jelas:

howto Apa itu Rekber / Rekening Bersama?

 

Nah, coba kita langsung ke contoh aja ya, biar makin ngerti icon biggrin Apa itu Rekber / Rekening Bersama?    CONTOH:

1. Ariel bb onyx nya rusak, jadinya dia mau jual aja deh bb nya daripada repot-repot betulin. Jadi dia buka lapak aja deh di kaskus. Ditulis keterangannya BB ONYX Second, LCD rusak, sisanya masih oke 99%, batere mulus, 2 juta nego, dll dll.

2. Besoknya Noah nego 1,5 juta dan deal deh itu. Noah mau ambil aman nih, dia pake jasa rekber crowguard.com. Ariel setuju-setuju dan sepakat deh mereka.

3. Noah transfer 1,5 juta ke rekening bri rekber crowguard.com, lalu rekber crowguard.com kasih informasi ke Ariel bahwa Noah udah transfer sesuai dengan kesepakatan.

4. Nah begitu dapet informasi, Ariel langsung deh kirim bb nya pake jne ke alamat Noah.

5. Besoknya, barang udah sampe ke Noah. Noah cek keadaan bb nya sesuai dengan yang Ariel janjikan (BB ONYX Second, LCD rusak, sisanya masih oke 99%, batere mulus) dan OK sama persis. Ga pake tipu-tipu tuh si Ariel, barangnya sesuai dengan janji.

6. Noah konfirmasi ke rekber crowguard.com bahwa barang sudah sesuai dengan kesepakatan.

7. Rekber crowguard.com transfer uangnya ke rekening mandiri Ariel. Transaksi sukses. Semua senang icon smile Apa itu Rekber / Rekening Bersama?

 

Nahhhh udah ngerti kan nih pastinya?

Pertanyaan: “Kok kayaknya sama aja ya, kayak transaksi biasa tanpa rekber? mending ga usah pake rekber-rekberan dong kalo gitu?”

Itu kan di kasus penjual jujur, pembeli jujur, semua senang. Gimana kalau ada yang ga jujur? Apa yang rekber dapat lakukan supaya sang penipu tidak dapat beraksi dengan sukses?

 

Yuk mari deh, kita lanjutin di post berikutnya icon smile Apa itu Rekber / Rekening Bersama?

 

 

 

Ditulis oleh: REKBER CROWGUARD 

Incoming search terms:

  • rekening bersama
  • apa itu rekber
  • rekber adalah
  • apa itu rekening bersama
  • rekber
  • rekening bersama adalah
  • pengertian rekber
  • arti rekber
  • apa itu rekber?
  • Cara rekening bersama

41 thoughts on “Apa itu Rekber / Rekening Bersama?

  1. Pertama tama saya di SMS bahwa ada Blackberry Q10 dengan harga Rp. 4.250.000, dengan disertakan nomor telepon dan pin BB. Akhirnya saya berkomunikasi ke penipu via Blackberry. Saya memesan BBQ10 dan transfer ke Rekening BRI dengan nama Munir Abbas (Rek. BRI : 078901006167535). Tetapi sampai saat ini BB saya tidak pernah dikirim dan tidak bias dihubungi. Saya sudah melaporkan ke BRI Customer service & Polisi IT Crime beserta BCA (karena saya transfer melalui BCA). Mereka menamakan websitenya : wellcommshop.webs.com batam (palsu) karena hanya bias di klik dari sms yang mereka kirim. Tetapi apabila anda buka di computer lain, Tidak bisa. Buat Semuanya, HARAP Hati-hati terhadap penipuan seeperti ini. SEMOGA para penipu ini, sekeluarga masuk NERAKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Waduh memang penipuan online itu sering terjadi, kami sarankan selalu gunakan rekber untuk tiap transaksi online supaya tidak tertipu. Penipu memang pintar sekali dalam menipu. Selalu ingat gunakan rekber setiap transaksi. Seperti anda naik mobil, selalu gunakan sabuk pengaman kan. Kita nggak pernah tahu kapan kita apes.

      Tambahan informasi aja, kalau situs berekstensi .webs.com itu situs gratisan, harus diwaspadai tuh. Lalu bagaimana perkembangan kasus bapak? Setelah dilaporkan apakah dana berhasil diblokir dan dana dikembalikan? Bapak ada pakai surat keterangan dari polisi?

  2. saya mau tanya.. klo misalkan barang udh di terima si pembeli.. brati uang posisi udh di rekber.. trus si pembeli bohong bahwa barang belum di terima si pembeli.. apa uang nya bisa di ambil lagi.. klo bisa di ambil si penjual ketipu dong?

  3. Dari cerita blog ini, kalo misalkan Noah ga puas dgn keadaan bb yg dia dptkan, yg pasti dia harus kirim balik barangnya kepada Ariel kan, apakah crowguard akan mentransferkan uang Noah balik terlebih dahulu ato tunggu kepastian dari Ariel kalo dia uda dapet bbnya balik dari Noah?

    • Halo, kalau prosedur REFUND adalah perintah dari penjual untuk mengembalikan dana pembeli dari rekening CROWGUARD. Jadi, yang benar adalah tunggu kepastian dari Ariel kalau dia uda dapet bbnya balik dari Noah :D

  4. Pingback: Kenapa Musti Pakai Rekber? - Blog Anti Penipuan Transaksi Online

  5. Pingback: Daftar Situs Untuk Jual / Beli Online - Blog Anti Penipuan Transaksi Online

  6. gan kalo udah dikirim uangnya pake rekber tapi si penjual ga ngirim2 terus gimana uang si pembeli yang ada di rekber ?

  7. saya juga kena tipu dengan kamera slr nikon 3200 2nd a.n bambang prasetya no rek 724101000608504,,an bambang prasetyo,,ati2 bila ada rekening itu penipu uluing kata2′a sampai bawa2 tuhan dan dosa parah itu org

  8. Hallo..untuk masalah rekber…skrg yang suka nipu bukan hanya penjual aja tapi pembeli juga nipu gan..susahnya bisnis online itu modal kepercayaan gan jdi menurut saya rekber jga ga begitu penting…
    Terkecuali dri pihak rekber sendiri ada garansi jika sie pembeli mengaku bahwa barang tidak sampai..otomatis sie pembeli minta uang balik dri rekber..nah nasib sie penjual gmana gan ?☺

    • Tentu penting dong gan rekber. Karena terkadang ada pembeli yang bisa nipu juga loh. Cari tahu teknik nipunya disini:

      Kalau itu mah gampang gan, bisa diproses SENGKETA. Mengenai apa itu sengketa dan bagaimana cara memprosesnya, agan bisa langsung kesini: SENGKETA REKBER ;)

  9. Saya juga ketipu 2.250.000. D tlp trus ngotot mnta trnsfer uangnya. Nmanya CAHAYA ELEKTRONIK atau nma websitenya BATAM ELEKTRONIK ONLINE SHOP.

  10. Pingback: christian louboutin pigalle

  11. gan mau nanyak ne. misalnya saya menggunakan rekening bersama tapi barangnya belum sampai kerumah bahkan tdk ada kabar apapun dari sipenjual, apa uang yang udah saya kirim bisa ditarik kembali dengan memakai rekening bersama lagi….??

  12. lahh trus yang jamin lembaga rekberny itu bener syapa ? kalo yg bermasalah justru lembaga rekbernya gmn ? cara nuntutnya gmn? jaminany apa kalo rekber itu kredibel n terpercaya ?

    • Nggak ada yang bisa jamin gan. Kalau orang niatnya udah nipu ya tetep aja nipu. Oleh karena itu, kita harus cermat dalam memilih rekber yang baik, setidaknya memperkecil kemungkinan rekbernya ini nipu. Sebagai contoh, sebaiknya kita pilih rekber yang statusnya sudah korporasi, sehingga kalau dia nipu bisa gampang kita kejernya hehehe. Untuk lebih lengkapnya mengenai syarat rekber yang bener, yuk langsung intip disini aja: SYARAT REKBER AMAN

Apa Komentar Kamu?